Client saya melakukan testing beberapa konten iklan dengan tampilan atau visual branding yang sudah dianggap berbeda dari sebelumnya. Selain itu, ada juga konten iklan dengan model tanpa menggunakan hijab. Asumsinya adalah agar mereka yang tidak menggunakan hijab juga lebih tertarik.
Hasil testing ternyata masih belum sesuai harapan alias boncos. Lalu apa lagi yang harus dilakukan ?
Dari pembicaraan pada saat konsultasi, visual branding masih bisa dirombak. Karena menurut mata saya, secara tampilan belum berbeda dengan yang sebelumnya. Terkait tampilan ini ada pembahasan yang perlu kalian pertimbangkan, terutama yang sudah memiliki brand fashion.
Terkait tampilan brand atau saya sering sebut visual branding. Seringkali brand ingin menampilkan yang diinginkan tapi ternyata kurang diminati oleh market. Kalo brand kamu punya sumber daya untuk menyetir market, gas aja. Tapi untuk sebagian besar brand, cara ini kurang oke karena keterbatasan sumber daya tadi. Lebih baik turuti saja apa maunya market. Begitu juga dengan desain produk.
Hal ini dibenarkan oleh client fashion saya yang lain yang kebetulan teman dari client saya ini. Brand dia bisa mendapatkan penjualan yang oke karena secara visual juga menuruti kemauan market. Tentu faktor produk juga sangat berpengaruh. Khusus client ini bisa cek di bab balada fashion bagian visual karena sudah saya bahas disana.
Jika kamu berada di posisi yang sama seperti client saya ini. Ada beberapa langkah yang bisa dicoba :