Secara teknis dashboard, client saya ini saya kategorikan sudah cukup. Hanya saja ada satu hal yang perlu diperbaiki yaitu dalam budgeting. Menurut saya masih kurang proporsional.
Bisa dilihat, 1 campaign menggunakan budget Rp 270,000.
Masuk ke dalam adsetnya ternyata ada 5 adset yang memiliki adset yang berbeda dan dengan masing-masing adset memiliki 4 konten iklan. Apakah ini salah ? ya nggak juga, tapi kurang ngangkat aja.
Nggak ngangkat gimana ?
Mari kita berhitung saja guys.
Dengan budget Rp 270,000 yang digunakan 5 adset tersebut. Berarti masing-masing mendapatkan Rp 54,000. Walaupun secara realnya setiap adset tidak dapat budget sama rata karena campaign ini menggunakan budget di level campaign, budget akan condong ke salah satu.
Paham ya maksud saya ?
Dengan 1 adset mendapatkan jatah budget Rp 54,000 per hari, itu masih dibagi lagi dengan jumlah konten iklan yang ada di dalam adset tersebut yaitu berjumlah 4. Udah kebayang di kepala berapa jatah budget per konten iklan yang ada adset tersebut ? yes, hanya Rp 13,500 per hari.
But again, di bagian konten iklan, secara budget akan condong ke konten iklan yang menurut Meta oke.
Saran saya adalah up budget, kalo bisa seminimalnya 1 adset dapat jatah 100rb untuk 1 konten iklan. Untuk kebutuhan jumlah adset ataupun ad yang lebih, silahkan bisa dikalikan saja.
Saya menggunakan minimal 100rb karena berdasarkan pengalaman client-client saya, CPM di indonesia itu sangat jarang yang tembus di angka 100an ribu. Biasanya di angka ribuan sampai 50an ribu. Ya ada juga sih yang sampai 100an ribu, tapi dari pengalaman melayan konsultasi ratusan client, jumlahnya bisa dihitung jari. Itu pun kalo konten iklan dirombak juga bisa diturun.
Oleh karena itu muncul saran saya tersebut.
Konsekuensinya kalo budget dibawah itu gimana ? ya iklan kamu pasti lambat. Kecuali CPM kamu di angka ribuan.