c. Pertemuan Ketiga Copy

Sebelumnya kita sudah membahas kalo konten yang ditest oleh client saya ini untuk placement IG bisa mendapatkan ctr link click diatas 1%. Hanya saja jumlah spend untuk IG belum sebanyak placement FB. Kali ini client saya testing menggunakan placement IG dan menggunakan full website.

Gimana hasilnya ?

Weee ee ternyata tidak menyentuh angka 1% untuk keseluruhan Instagram. Dilihat per placement juga secara garis besar masih kurang dari 1%.

Ingat, Instagram itu memang cukup berat. Bisa aja ctr link click segitu tapi cuan, masih mungkin. Jadi jangan mematok bahwa harus ctr link click sekian, walaupun memang betul semakin tinggi ctr link click maka yang masuk landing page kita semakin banyak. Yang paling penting adalah cost per purchase.

Gimana cost per purchase di client saya ini ? 

Apakah masing zooonk seperti pertemuan sebelumnya gak ada yang beli di website sama sekali?

Kabar baiknya di campaign ini sudah ada pembelian. Berarti asumsi ada kendala di platform yang digunakan itu VALID. Buktinya setelah ganti ke Berdu langsung ada pembelian. Tapi ada kabar kurang enak.

Di campaign ini untuk cost per purchase masih jauh dari KPI, menurut client saya. Baik dari cost per purchase maupun ROAS. Bisa dilihat ROAS pun gak tembus 2.

Tapi hasil di campaign satunya berbeda, yang mana di campaign satunya ini produknya juga beda, hasilnya lebih bagus.

ROAS rata-rata di campaign tersebut tembus 3. Sedangkan rata-rata margin produknya adalah di angka 100an ribu.

Hasil checkout di website ini memang di dashboard terlihat belum begitu indah. Namun ingat, client saya juga masih menjalan campaign ctwa ataupun penjualan yang terjadi di marketplace, karena faktanya kita ngiklan di sosmed juga ngaruh ke marketplace juga. Pada akhirnya nanti, seharusnya semua penjualannya di gabung. Bisa saja hasil akhir sesuai KPI. Saya menyarankan itu ke client. Jadi di pembukuan ada data yang menunjukan cost per purchase secara keseluruhan.

Dilihat dari ctr link click, konten-konten iklan untuk produk ini juga tembus diatas 1%, placement juga sama IG doang. Jumlah orang yang masuk ke landing page halaman produk pasti lebih banyak dibandingkan campaign yang pertama tadi.

Dari hasil 2 campaign ini kita juga bisa menyimpulkan bahwa beda produk dan konten iklan yang lebih menarik sangat berpengaruh terhadap cost per purchase. Terbukti satunya ROAS gak nyampe 2, sedangkan campaign yang kedua bisa tembus diatas 3. Hanya saja di beda campaign ini ada perbedaan audience. Yang menurut saya, ini berarti udah gak bisa head to head. Harusnya audience sama persis. Ya walaupun beda audience pengaruhnya gak terlalu signifikan.

Untuk campaign yang awal tadi jika masih ingin memperbaiki cost per purchase, apa yang dites lagi ?

Yes, test konten iklan baru dengan harapan bisa menaikan ctr link click ataupun menurunkan cost per purchase.

Anyway kalo kamu punya banyak produk, saya menyarankan untuk testing beda produk itu di beda campaign saja. Audience harus sama persis ya.

Garis besarnya disini adalah ternyata ada loooh emak-emak yang bisa checkout di website. Padahal asumsi awalnya adalah mereka gaptek gak paham checkout. Setelah diperbaiki ini itu lalu dicoba, weeeeeh ternyata mereka bisa.

Boleh-boleh aja kita berasumsi, pastikan asumsi itu harus dites seperti client saya. Gak sembarang test juga. Harus perbaiki ini itu agar hasil testingnya maksimal.

  • Hasil testing di berdu lebih baik tapi conversion belum maksimal

Salah satu saran saya adalah untuk melengkapi fitur pembayaran. Pada saat sesi konsultasi masih sebatas pembayaran transfer manual ke rekening bisnis. Sedangkan kita tau sekarang orang-orang kalo belanja secara online, untuk transfer kebanyakan dari mereka lebih memilih virtual account karena konfirmasinya otomatis. Metode lain juga bisa dipertimbangkan seperti qris, dompet – dompet digital, credit card, ataupun pay later. Btw, yang menggunakan transfer manual itu tetep ada. Tetap sediakan.

  • Hasil iklan lebih bagus karena momen Ramadhan

Produk client saya ini memang erat dengan kebutuhan Ramadhan. Momen seperti ini akan berdampak pada meningkatnya permintaan terhadap produk. Namun client saya punya pertanyaan yang cukup menarik begini…

Mungkin gak mas kalo kita mempertahankan hasil yang sama setelah Ramadhan ?

Berdasarkan pengalaman dari ratusan client, permintaan itu sangat erat dengan kondisi market, apalagi produk-produk yang berhubungan dengan Ramadhan. Setelah Ramadhan selesai akan mengalami penurunan dengan angka yang wajar itu normal-normal aja, asalkan gak ndlesep sampai rugi ya.

Jadi apakah bisa dipertahankan hasilnya sama seperti Ramadhan walaupun Ramadhan berakhir ?

Jawabannya adalah mengikuti permintaan market.

  • Retargeting mereka yang sudah beli

Brand client saya ini ternyata customernya punya kecenderungan untuk beli lagi setelah orderan pertama. Berarti kalau mereka kena retargeting, bisa menjadi sasaran empuk ya ?

Strateginya begini…

Retarget menggunakan data mereka yang sudah beli, kalo dari website berarti mereka yang sudah nyampai ke pixel purchase (wajib beneran sudah bayar). Konten iklannya adalah nawarin produk yang lain ataupun produk baru. Tapi kalo gak ada diskon apakah cukup memikat ?

Dari percakapan dengan client, rata-rata customer yang beli lagi memang tidak ada diskon. Namun jika kamu ingin mempraktekan juga dan ingin memberikan diskon, silahkan. Hanya saja perhatikan margin apakah memungkinkan. Bisa gunakan strategi diskon tapi minimal order by pcs atau nominal, jadi margin kamu gak kepotong terlalu banyak.

Selain retargeting dengan iklan. Wajib juga tawarkan melalui chat Whatsapp. Hanya saja nih…

Kalo customer gak pernah chat sama sekali sebelumnya, kurang oke, tapi tetap bisa dicoba.

Oleh karena itu, walaupun checkout di website misal di Berdu untuk case study client saya ini. Ketika checkout tetap ada notifikasi ke Whatsapp. Di Whatsapp customer jadi ada history chat tuh. Gak aneh kalo nanti chat customer lagi.

×
×

Cart

SAYANGNYA SUDAH PENUH

Kabar baiknya jika anda memang serius ingin mengikuti program konsultasi ini. Anda bisa join waiting list agar nantinya tidak ketinggalan informasi ketersediaan slot. Karena dalam 1 hari bisa langsung penuh !

WHOOOPS,
PENDAFTARAN KELAS
SUDAH BERAKHIR !

Kabar baiknya anda yang berminat dengan materi pembelajaran di kelas ini bisa mendapatkannya secara gratis melalui program konsultasi 1 on 1 dengan FUSEEK.

COMING
SOON

Good news, we’re working on it !