Di bagian pixel ketika awal saya cek, memang ada kendala yang undetected bagi client saya. Kendalanya adalah terdapat double pixel untuk pixel yang sama. Dapat dipastikan ini akan merusak data dashboard. Kalo data rusak, menjadi invalid untuk dibaca.
Agar lebih paham bagaimana kendala pixel yang dialami oleh client saya. Saya jelaskan melalui gambar.
Gambar diatas sebagai contoh. Misal kamu pasang event pixel standard misal page view tapi terdeteksi ada dua. Kalo kamu gunakan halaman tersebut sebagai landing page, maka data landing page view di metrics kamu dapat dipastikan akan terdouble.
Setelah landing page, pixel berubah menjadi initiate checkout karena menurut client saya disitu calon customer mengisi form untuk checkout. Hanya saja disini agak kurang optimal karena biasanya yang namanya checkout itu bisa pilih pembayaran, di client saya belum ada.
Selanjutnya setelah menyelesaikan checkout pindah ke halaman thank you yang disitu isinya adalah list rekening pembayaran. Disini menggunakan pixel add payment info karena memang belum terjadi pembayaran.
Pembayaran terjadi ketika customer klik konfirmasi pembayaran, ingat karena di client saya belum pake payment gateway. Sayangnya pada saat itu di halaman konfirmasi pembayaran tersebut terdapat pixel add payment info lagi. Kalo kalian juga seperti ini, sangat tidak disarankan.
Sudah suatu kepastian, saran saya adalah menghapus pixel add payment info yang ada di halaman konfirmasi pembayaran.
Lalu pixel purchase taruh dimana ?
Kalo alur kamu mirip seperti client saya, silahkan taruh pixel pixel purchase untuk trigger konfirmasi pembayaran. Jika sudah menggunakan virtual account atau maksudnya payment gateway, berarti setelah bayar pixel purchase seharusnya ter-triggered (otomatis akan menyala dari proses transaksi tersebut, biasanya menggunakan conversion api)