13. Product Life Cycle

Produk saya kok udah gak laris lagi ya ?

Dulu itu laris banget loh. Sekarang penjualannya hanya segitu aja ?

Pernah ngalamin kondisi seperti ini ? atau sedang mengalami kondisi seperti ini ?

Kondisi seperti ini sudah lumrah dalam bisnis karena produk itu memiliki suatu life cycle atau bisa disebut juga siklus hidup produk. Secara visual bisa digambarkan seperti dibawah ini.

Sumber :

https://hbr.org/1965/11/exploit-the-product-life-cycle

https://www.investopedia.com/terms/p/product-life-cycle.asp

TAHAP 1. Market Development

Pada tahap ini suatu produk masih dalam tahap pengenalan. Apalagi jika produk yang kamu tawarkan ke market relatif baru, besar kemungkinan sales belum cakep.

TAHAP 2. Market Growth

Permintaan terhadap produk mulai naik dan ukuran market juga ikut menjadi besar. Penjualan kamu akan mengalami kenaikan.

TAHAP 3. Market Maturity

Permintaan dan penjualan bertumbuh yang dibarengi juga dengan biaya produksi dan marketing menurun. Namun di tahap ini ada bonus sisi negatif. Karena produk kamu terlihat bagus. Maka kompetitor sudah melirik untuk membuat produk yang serupa, bahkan bisa lebih baik.

TAHAP 4. Decline

Penjualan produk akan mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa hal. Pertama dikarenakan kompetitor yang melihat peluang pada tahap market maturity lalu menciptakan produk serupa yang bisa bersaing. Kedua bisa dikarenakan permintaan pasar yang mengalami penurunan. Dampaknya adalah produk kamu akan mengalami penurunan porsi pada market share dan terus turun dari segi penjualan.

Apa yang saya jelaskan diatas tadi bukan hanya teori. Tugas kita adalah menaiki fenomena tersebut. Karena faktanya, memang terbukti betul di beberapa client saya. Saya ambil cukup dua studi kasus saja.

×
×

Cart

SAYANGNYA SUDAH PENUH

Kabar baiknya jika anda memang serius ingin mengikuti program konsultasi ini. Anda bisa join waiting list agar nantinya tidak ketinggalan informasi ketersediaan slot. Karena dalam 1 hari bisa langsung penuh !

WHOOOPS,
PENDAFTARAN KELAS
SUDAH BERAKHIR !

Kabar baiknya anda yang berminat dengan materi pembelajaran di kelas ini bisa mendapatkannya secara gratis melalui program konsultasi 1 on 1 dengan FUSEEK.

COMING
SOON

Good news, we’re working on it !